Informasi Terbaru

Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Tentang LKPJ Bupati tahun 2021

Rapat Paripurna Penetapan Propemperda 2021

Sidang Paripurna Jawaban Bupati terhadap Pandangan umum Fraksi terhadap Ranperda RAPBD 2021

22 April 2024

dprd@agamkab.go.id

Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Antokan DPRD Kabupaten Agam

  • 0
  • 7 Maret 2023

Panitia Khusus (Pansus) Ranperda Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Antokan DPRD Kabupaten Agam, mengunjungi Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh, Senin (6/3).

Tim Pansus yang dikomandoi Ketua Pansus Ranperda Perumda Tirta Antokan, Drs. Feri Adrianto itu juga turut hadir  Pimpinan DPRD diantaranya, Wakil Ketua  DPRD Suharman, Wakil Ketua Marga Indra Putra, S.Pd, Wakil Ketua  Irfan Amran dan anggota Pansus serta pendamping dan humas DPRD Agam.

Ketua Pansus Perumda Tirta Antokan, Drs  Feri Adrianto, mengatakan tujuan kunjungan kerja tersebut guna menambah referensi dalam pembahasan Ranperda tentang Perumda Air Minum di Kabupaten Agam.

Sehingga, menurutnya, dengan adanya referensi regulasi yang diperoleh dari Pemda Payakumbuh, bisa dijadikan acuan dalam membuat Ranperda.

"Kita ingin memperoleh informasi dari Pemerintah Kota Payakumbuh tentang pengelolaan BUMD karena melihat
Payakumbuh cukup berhasil dalam pengelolaan Air Minum yaitu PDAM Tirta Sago," ujarnya.

Anggota Legislator dari Partai Demokrat itu berharap, adanya Ranperda Perumda Air Minum di Kabupaten Agam, selain dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, keberadaan Perumda bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pada kesempatan itu, sebelum melakukan sesi diskusi dan tanya jawab, dilakukan pemaparan mengenai profil hingga peningkatan pelayanan Air Perumda oleh 
Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sago, Khairul Ikhwan.

Ia menjelaskan sistem penyediaan air minum Perumda Tirta Sago terdapat di lima daerah sumber air, diantaranya SPAM Batang Tabik, SPAM Sungai Dareh, SPAM Sikamurunciang, SPAM Batang Agam dan SPAM Balai Panjang.

"Akhir tahun 2022, total pelanggan kita sebanyak 33.216 sambungan. Alhamdulillah, kontribusi untuk PAD sebesar Rp1,5 miliar pada tahun tersebut," jelasnya.

(Humas DPRD Agam)



Berita Terkait

Agenda

Pengumuman