Selasa, 21 Agustus 2018 / 9 Zulhijjah 1439 H
Warta DPRD Kab. Agam > Detil

Selasa, 20/02/2018 - 08:44 WIB

DPRD Agam Gelar Paripurna Penyampaian Nota Bupati Tentang Ranperda LPPL Radio SAM FM

Wakil Bupati Agam (Trinda Farhan Satria) dan Wakil Ketua DPRD Agam (Suharman)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam menggelar Rapat Paripurna Penyampaian nota Bupati Agam mengenai rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Agam Maimbau (SAM) FM, di Aula I DPRD Agam, Senin (19/02/2018).

 

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, dihadiri oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Forkopimda Plus, Kepala BPN, Kepala OPD, Kepala Bagian, Kepala BUMN, BUMD dan wartawan.

 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, menyampaikan segala program pembangunan tidak akan dapat diketahui dan tidak mampu menggerakan masyarakat untuk berpartisipasi apabila mereka tidak mendapat informasi dan sosialisasi dari pemerintah daerah.

 

“Maka, sangat diperlukan suatu media elektronik yang bisa menjadi sumber informasi utama dan dapat diandalkan untuk menginformasikan program-program pembangunan kepada masyarakat mulai dari perkotaan sampai kepelosok daerah,” ujarnya.

 

Wabup menyebut, dipilihnya radio sebagi media komunikasi dan informasi oleh pemda dilandasi oleh pertimbangan kemampuan daerah terutama dibidang anggaran, sumberdaya dan teknis opersaional. Radio juga mempunyai ciri dan sifat yang berbeda dengan media massa lainnya seperti surat kabar, buku, televisi, dan media informasi lainnya.

 

Ia menambahkan, keuntungan radio bagi komunikan (orang yang menerima informasi) adalah mempunyai sifat yang santai, bisa dinikmati sambil makan, tidur-tiduran, bekerja, bahkan mengemudi kendaraan. Siaran radio tidak menuntut masyarakat memiliki kemampuan membaca maupun melihat, melainkan hanya kemampuan untuk mendengarkan.

 

“Karena jangkauan Radio SAM FM masih terbatas hanya mampu menjangkau Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Mutiara, IV Nagari, dan sebagian Tanjung Raya. Namun, ini dapat kita atasi dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana ataupun kerjasama dengan lembaga penyiaran publik yang telah ada. Selain itu, juga bisa dengan cara mendirikan menara relay pada beberapa lokasi, sehingga siaran Radio SAM FM dapat menjangkau wilayah Agam seluruhnya,” jelas wabup.

 

(Humas DPRD Agam)

Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Warta DPRD


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan warta dprd ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: