Informasi Terbaru

Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Tentang LKPJ Bupati tahun 2021

Rapat Paripurna Penetapan Propemperda 2021

Sidang Paripurna Jawaban Bupati terhadap Pandangan umum Fraksi terhadap Ranperda RAPBD 2021

1 Oktober 2022

dprd@agamkab.go.id

Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Komisi IV DPRD Agam Cari Referensi ke DP3AKB Kota Pariaman

  • 0
  • 15 Juli 2022

 

 

Dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan ketahan keluarga pasca covid-19. Rombongan Komisi  IV DPRD Agam melakukan kunjungan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kota Pariaman. pada Selasa (12/07/2022).

Rombongan Komisi IV yang dipimpin langsung Ketua DPRD Agam, Dr. Novi irwan, S.Pd.MM, didampingi Wakil Ketua DPRD Agam, Irfan Amran yang disambut oleh Walikota Pariaman diwakili oleh Asisten II Setdako Pariaman, Elfis Candra dan Kepala Dinas DP3AKB, Gusniyetti Zounit.

Dikesempatan tersebut, Ketua DPRD Agam membuka acara pertemuan dengan memperkenalkan anggota Komisi IV yang hadir diantaranya; ketua Komisi IV, Guswardi, AR. Yutinof, S.Pd,  Edwar, S.Ag dt Manjuang Basa, Nesi Harmita ST, Suhermi, S.Pd, Asnidar, Salman Linover, Drs. Adrius, Mardisal Athan, Bulqaini, S.Fil, Mardanis dan dari Sekretariat DPRD turut didampingi Sekwan, Villa Erdi, S.Sos.M.Si, Kabag AP, Arnel, S.Pd.MM dan pendamping.  

Kemudian ketua juga menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan kerja Komisi IV DPRD Agam tersebut. Dalam hal ini, dikatakan " Kami sangat mengapresiasi program unggulan Pemko Pariaman dibawah kepemimpinan Genius-Mardison, program ini sangat bermanfaat, kami rasa ini dapat ditiru oleh Kabupaten/Kota lainnya di Sumbar termasuk Kabupaten Agam. Ilmu yang kami dapat di Kota Pariaman hari ini akan kita bawa ke Kabupaten Agam untuk juga diterapkan disana ," ujar Novi

"Terima kasih kami sampaikan kepada Pemko Pariaman yang telah menyambut hangat kunjungan kami di Kota Pariaman. Semoga hubungan kedua daerah ini semakin membaik dan ekonomi didaerah masing-masing semakin membaik ," tuturnya..

Secara umum, Asisiten II menjelaskan kondisi umum perekonomian yang ada di Kota Pariaman setelah pasca covid-19 ini sudah berangsur membaik dari segi Pariwisata. Dimana tempat -tempat wisata di Pariaman sudah mulai dibuka untuk umum. Dan ini salah satu untuk meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Pariaman. Untuk ketahanan keluarga sendiri DP3AKB Kota Pariaman sendiri membuat beberapa program dalam pemberdayaaan ekonomi keluarga dan ketahanan keluarga dengan membuat ikon yaitu" Desa Ramah Perempuan dan Peduli anak yaitu : Sapa, Samamaksakamanakan, genius, Desa Genius.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa pertanyaan muncul dari anggota Dewan Komisi IV, diantaranya; Mardisal Athan, menanyakan sejauh mana ninik mamak menyikapi kasus kekerasan terhadap anak kemenakannya dalam memberi sanksi. Nesi Harmita juga mempertanyakan, sejauh mana program penguatan ketahanan ekonomi terhadap para perempuan sendiri di Kota Pariaman.
Guswardi juga menanyakan, bagaimana lintas OPD seperti, Dinsos, Dinkes,  berperan atau bekerjasama dalam hal  meningkatkan penguatan ekonomi keluarga sendiri. Dan apakah ada perbandingan program yang telah di buat ini dari tahun ke tahun.

Menanggapi hal tersebut, Asisten II Pemkot Pariaman menjelaskan, dalam kekerasan terhadap anak, upaya yang dilakukan dalam menangani kasus ini berbeda dengan tindak pidana pada umumnya baik bagi korban/pelakunya. Pembinaan mekanisme sesuai peraturan yang ada oleh lembaga yang bekerjasama dengan DP3AKB seperti, pihak panti rehabilitasi. Bagi pelaku sudah tentu mendapatkan sanksi yang sesuai dengan tindak pidana sesuai dengan hukum yang mengatur baik sanksi secara adat dari ninik mamak.

Tambahan dari Kadis DP3AKB menjelaskan dalam rangka meningkatkan ekonomi khususnya untuk kaum perempuan kita dari DP3AKB bekerjasama dengan Diskoperindag yaitu berupa pelatihan terpadu bagi kaum perempuan dalam bentuk pelatihan sulam yang nantinya dapat menjadi tambahan penghasilan bagi keluarganya. Kemudian dengan Dinas Pertanian dengan membentuk kelompok KWT disetiap desa/kelurahan dengan berjualan makanan melalui online. Dan juga ada kerjasama dengan Bank BUMN maupun Bank BUMD melalui dana KUR dengan bunga yang lebih kecil untuk modal usaha menengah kebawah. Dan alhamdulillah program Desa Ramah Perempuan dan Peduli anak (DRPPA) yang kita buat ini baru dimulai ditahun 2022 ini dan banyak dukungan dari berbagai pihak.

Sebagai penutup, disampaikan ucapan terima kasih dari Ketua DPRD agam ke DP3AKB Kota Pariaman yang telah memberikan masukan mengenai program-program yang ada di Dinas Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana yang nantinya bisa menjadi masukan  bagi kita di Kabupaten Agam", tutupnya.

Acara yang berlangsung di Aula pertemuan kantor Walikota Pariaman berjalan dengan lancar.

 

Humas DPRD Agam



Berita Terkait

Agenda

Pengumuman