Informasi Terbaru

Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Tentang LKPJ Bupati tahun 2021

Rapat Paripurna Penetapan Propemperda 2021

Sidang Paripurna Jawaban Bupati terhadap Pandangan umum Fraksi terhadap Ranperda RAPBD 2021

27 Mei 2022

dprd@agamkab.go.id

Pimpinan Wilayah LKAAM Lubuk Basung Dikukuhkan, Ketua DPRD : Mari Sama-Sama Bangun Agam

  • 0
  • 31 Maret 2022

 

Ketua DPRD Kabupaten Agam, Dr. Novi Irwan, S.Pd, MM mengajak Pimpinan Wilayah Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Lubuk Basung untuk bersama-sama berkontribusi membangun Kabupaten Agam yang lebih maju.

Hal itu disampaikan Dr. Novi Irwan saat memberikan sambutan pengukuhan Pati Ambalau Pimpinan Wilayah Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Lubuk Basung masa bakti 2022-2027, Kamis (31/3).

Ia menghimbau kepada pungurus yang baru saja dilantik memberikan kontribusi postif bagi Lubuk Basuang dalam peningkatan pendidikan dan ekonomi anak kamanakan di masa mendatang.

Menurutnya, Kecamatan Lubuk Basung memiliki potesi pusat pendidikan, mulai dari TK sampai dengan Universitas, pusat bisnis, perkebunan, wisata disamping pusat pemerintahan.

"Maka mari kita lakukan musyawarah untuk berinovasi membangun potensi positif dalam rangka peningkatan ekonomi rakyat Nagari Lubuk Basung," ujarnya.

Ia mengajak para pengurus bekerjasama untuk kemajuan ibukota Agam di bawah kepemimpinan Andri Warman sebagai  Bupati Agam yang didukung seluruh forkopimda dan masyarakat Agam. 

Ketua DPRD Agam menyebutkan, tiap nagari dan kecamatan di Agam mempunyai dinamika dan masalah yang berbeda dan baragam. Menurutnya hal itu sesuai dengan mamang adat tempo dulu yang berbunyi :

Sikikih dalam sangkak
Gigilo mencotok sajo.
Kok kamanakan salah langkah jo tagak.
Tolong dek niniak mamak membinanyo. 

Kereta dari ujung guguak.
Peranti tantang pakan baso.
Angan lapeh paham kami tatumbuak.

Tolong dek Inyiak Mamak mimbingnyo. 
Tambilang dibaliak lansek
Tasisik di lambai-lambai
Tambilang sado nan dapek.
Nantinga untuk mamak kami nan jauh labiah pandai.

"Kabupaten Agam nan baragam, masyarakat yang kritis dan dinamis, tentu sebagai kamanakan juga harus banyak baraja ka inyiak mamak dan bundo kandungan untuk arif, bijak dan adil dalam bersikap serta mengabdi untuk kemajuan masyarakat disamping pembangunan fisik, sdm, ekonomi dan pelayanan prima pada masyarakat serta penguatan Adat Agama," terangnya.

“Dalam setiap pembangunan di Kabupaten Agam ini, tidak terlepas dari peran niniak mamak. Maka dari itu, kita juga berharap niniak mamak dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan Kecamatan Lubukbasung dan   Kabupaten Agam,” ujarnya lagi.

Diketahui, Pengurus LKAAM Kecamatan Lubuk Basung dikukuhkan langsung oleh Ketua LKAAM Kabupaten Agam Edi Junaidi Dt Gampo Alam, Syahmendra Putra Dt Mulia Basa, sebagai Ketua LKAAM Kecamatan Lubuk Basung Inyiak  Mamak Seluruh pengurus LKAAM yang dikukuhkan 

Kegiatan pengukuhan yang berlangsung di Aula Kantor Camat itu, juga disaksikan langsung oleh Bupati Agam Andri Warman, Ketua DPRD Agam Novi Irwan,anggota Dprd Joni Putra Dt Bintaro Hitam , Camat Lubuk Basung, unsur Forkopimca,  Ninik mamak dan tokoh masyarakat Kecamatan Lubuk Basung.


(Humas DPRD Agam)



Berita Terkait