Jum'at, 24 Februari 2017 / 27 Jumadil Awwal 1438 H
Warta DPRD Kab. Agam > Detil

Selasa, 28/11/2016 - 08:02 WIB

DPRD AGAM SAHKAN TIGA RANPERDA

penandatanganan ranperda

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, melaksanakan tiga Rapat Paripurna, Senin (28/11) malam sekitar pukul 20.00 WIB, di Aula I  DPRD Agam.

Tiga paripurna tersebut diantaranya Paripurna penetapan keputusan DPRD nomor 21 tahun 2016 tentang Program  Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Agam tahun 2017.

Lalu paripurna persetujuan DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam  Nomor 11 tahun 2016 dan Nomor 27 Tahun 2016 tentang Rancangan Peraturan  daerah Kabupaten Agam tentang  Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah Kabupaten Agam tahun 2017.

Dan rapat Paripurna Nota Persetujuan DPRD Agam bersama Pemerintah Daerah Nomor 10 Tahun 2016 dan Nomor 26 tahun 2016 rancangan Peraturan daerah Kabupaten  Agam tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Nagari.

Dipimpin Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, dihadiri Wakil ketua DPRD Suharman, Taslim, seluruh anggota DPRD Agam, serta Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati, Trinda Farhan Satria, Asisten II Isman Imran, Asisten III Mulyadi, dan seluruh kepala SKPD.

Dalam kegiatan yang berlangsung hingga pukul 23.00 WIB tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepakatan oleh Pimpinan DPRD dan Bupati Agam.

Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra, mengucapkan terimakasih kepada Bupati, wakil Bupati, Sekda dan seluruh kepala SKPD atas lancarnya kegiatan pembahasan terbuka dan transparan sehingga bisa dibahas dengan baik dan tepat waktu.

"Sangat menorehkan sejarah dan salut kepada pemerintah daerah atas apresiasi mereka, dengan waktu yang sangat singkat pembahasan terbuka dan transparan bisa dibahas dengan baik dan tepat waktu. Dan akan lebih baik lagi komitmen kita kedepan untuk pembahasan anggaran dilakukan bersama-sama,"tandasnya.

Rapat Paripurna persetujuan DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam  Nomor 11 tahun 2016 dan Nomor 27 Tahun 2016 tentang Rancangan Peraturan  daerah Kabupaten Agam tentang  Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah Kabupaten Agam tahun 2017,dengan mendengarkan pandangan Akhir  masing-masing Fraksi.
semua fraksi dapat menerima  Rancangan peraturan daerah  Kabupaten Agam tahun Anggaran 2017 dijadikan Peraturan Daerah Kabupaten Agam tentang Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah  Kabupaten Agam tahun anggarab 2017.

Fraksi Golkar /PBB  disampaikan  oleh Ketua Fraksi Arman J Piliang mengingatkan dan menekankan  agar pelaksanaan peraturan  daerah Kabupaten Agam tentang RPJMD harus dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran dan diminta segera dilakukan penetapan Struktur OPD baru dan menyesuaikan terhadap peraturan daerah Kabupaten Agam tentang RPJMD  ,
fraksi Golkar partai Golkar juga  sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah daerah dan DPRD yang telah melaksanakan paradigma baru terhadap konsep dengan melakukan terobosan baru serta secara bersama-sama melakukan pembahasan dan sesuai dengan ketentuan undang-undang dan ini perlu dijaga dan ditingkatkan kedepannya.
Fraksi Demokrat  yang dibacakan oleh Feri Adrianto mengiingatkan kepada pemerintah daerah melalui Dinas PU dalam penyusunan RKA lebih proporsional dan berkeadilan dalam pendistribusian  kegiatan dikecamatan-kecamatan sesuai dengan VISI Bupati yaitu BISA (berkeadilan ,Inovatif ,Sejahtera,Agamais dan beradat),dalam pembahasan ditemukan penyebaran pembangunan di kecamatan kurang berimbang dan proporsional tidak sesuai dengan prinsip penyusunan APBD tahun anggaran  2017 sesuau permendagri nomor 31 tahun 2016.fraksi demokrat mengharapkan kepada pemerintah daerah kedepan agar lebih memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan anggaran yang berkeadilan dan proposional.
Sedangkan fraksi PKS melalui juru bicaranya sekaligus ketua Fraksi Syafruddin.SS.MM, menyarankan untuk kedepan tetap memperhatikan kesimbangan dan pemerataan pembangunan diseluruh  Nagari dan Kecamatan di Kabupaten Agam terutama dibidang insfrastruktur  dan kepada pemerintah kiranya terus melangkah menuju suatu orgsnisasi pemerintahan yang efektif dan efesien berbasis IT,terkait penyerap anggaran kita harus belajar dari pengalaman tahun sebelumnya dengan tertunda  DAU dengan itu fraksi PKS mengingatkan untuk memperbaiki sistem dan mekanisme anggaran agar penyerapan anggaran dapat lebih baik lagi sehingga cepat dirasakan hasil pembangunan oleh Masyarakat.
Fraksi PAN disampaikan oleh sekretaris Fraksi Syaflin.SHI.,untuk pembahasan anggaran RAPBD  kedepan supaya dilakukan secara trasparan dan berkeadilan,agar kewilayahan menjadi perhatian serius oleh Tim anggaran pemerintah Daerah,RAPBD tahun 2017 yang telah menjadi kesepakatan antara DPRD dengan Pemda agar benar-benar agar di jalankan dan menjadikan kenyataan dalam APBD 2017 jangan sampai ada dusta diantara kita.
Sedangkan fraksi PPP disampaikan oleh Nofrizal Anas  menyampaikan dapat menerima rancangan peraturan daerah Kabupaten Agam tentang rancangan APBD Kabupaten Agam 2017 untuk dijadikan peraturan daerah kabupaten Agam .

Fraksi Gerindra lebih menyorot mengenai mutu serta kualitas dari kontruksi pembangunan fisik yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 agar menjadi perhatian serius oleh pemerintah daerah dan diminta untuk pemerataan dalam pembangunan diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Agam sesuai dengan skala prioritas daerah masing-masing.
dibacakan oleh Gusdanur Dt Hitam.
Fraksi Nurani Nasdem yang dibacakan oleh ketua Fraksi Ais Bakri
Fraksi Nurani  Nasdem bisa menerima  untuk ditetapkan menjadi APBD tahun anggaran 2017 dengan catatan bagi yang belum terakomodir ,dapat diakomodir pada APBD Perubahaan tahun  anggaran 2017

Share di situs jejaring sosial :   

Komentar Warta DPRD


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan warta dprd ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: